Mendeskripsikan tentang multimedia
Mengambar
l Menggambar (Inggris: drawing) adalah kegiatan kegiatan membentuk imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat.
l Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.
l Pelakunya
populer dengan sebutan Penggambar/juru gambar (inggris:draftsman) yang
merupakan salah satu bagian pekerjaan dari perupa.
Perkembangan
perangkat lunak grafis membuat kegiatan menggambar
bisa pula dilakukan dengan sentuhan penuh alat-alat komputer.
Contohnya adalah karya gambar oleh Peter Welleman
Berikut daftar perangkat lunak yang memungkinkan kegiatan menggambar :
l Microsoft Expression
l Inkscape
l Adobe Photoshop
l Adobe Illustrator
l Paint Shop Pro
l Corel Painter
l Pixia
l Kolourpaint
l Microsoft Paint
l The GIMP
l openCanvas
l
Menggambar Clean Up
l "Clean-Up" merujuk kepada proses penyempurnaan karya seni kasar animasi 2D.
l Tujuan
Clean Up adalah untuk menciptakan animasi dengan halus, garis konsisten
seni dan garis berat sebelum ditransfer ke cels untuk melukis.
Menggambar Clean Up
Kadang-kadang animator
menandai catatan pada seni bersih-bersih dengan
pensil atau tinta, dalam warna-warna yang
tidak akan ditransfer ke sel-sel, pada
baris dibersihkan bekerja - biasanya untuk
inkers dan pelukis yang akan berurusan
dengan berbagai warna garis dan isi di cels.
Clean Up & Sisip
Menggambar clean up adalah membersihkan gambar dengan cara menjiplak pada animasi.
Gambar sisip adalah menyisipkan gambar atau teks pada animasi.
Tracing
l berawal
dari kata trace, yang bermaksud menelusuri
atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna
menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun.
l Bila
disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan
tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi
vector biasa.
Software untuk Tracing
l Beberapa
software misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia
Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software
khusus tracing seperti Corel Trace dan
bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi
1 ke atas sudah menanamkan tool live
trace di programnya yang mampu mengkonvert
gambar menjadi vector dalam hitungan detik.
Tracing
l Dalam
terminologi komputer grafis, vector adalah
sekumpulan objek dalam garis atau bentuk
tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis,
diisi warna, dan memiliki resolusi bebas.
Karena itu, vector bisa diperbesar dalam
ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya.
Tracing
l Tracing
adalah teknik penggambaran cepat, baik secara
manual atau digital. Tracing adalah jawaban
untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu.
l Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun.
Teknik Tracing
l Manual Tracing
l meletakkan
gambar asli dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, mika
susu/kodaktris, boleh kertas doorslag, atau kertas roti. Lalu kita
menggambar menggunakan tinta cina, rapido, atau tinta afdek yang pekat
Teknik Tracing
l Digital Tracing
l Tracing
digital saat ini banyak kita kerjakan dengan bantuan computer.Gambar
asli di-scan, lalu dijiplak lewat bantuan piranti lunak semacam Adobe
Illustrator, Adobe Freehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel
Painter.
Tracing
l Produk
yang dihasilkan adalah illustrasi vector, untuk
menutupi kebutuhan illustrasi yang akan dipakai
pada desain-desain poster, iklan-iklan koran
bahkan web dan film-film kartun.
Tracing
l Tracing
yang dilakukan dengan bantuan aplikasi berbasis
bitmap semacam Photoshop, photopaint atau Painter,
kita sebut tracing bitmap. Tracing bitmap
lebih banyak dikerjakan dibidang screen printing dan tekstil printing.
Tracing
l Tracing
bukanlah masalah menjiplak dalam arti sempit,
tracing adalah teknik penggambaran ulang baik
manual atau digital. Dalam illustasi, tracing
adalah style yang membutuhkan kemampuan trace
dan penguasaan aplikasi grafis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar